Senin, 11 April 2011

Metode Pengobatan Zaman Rasulullah SAW.

Kesehatan merupakan kenikmatan yang tak ternilai harganya. Sayangnya, kita menyadari kebenaran tersebut, manakala telah kehilangan atas nikmat itu. Pada saat itulah, dimana kita tengah menyadari bahwa kesehatan itu merupakan nikmat, maka kita pun akan rela menebusnya, meskipun dengan harga yang sangat mahal.
Lalu, ketika penyakit mulai menghampiri, kita pun mulai berkeluh kesah dan baru menyadari betapa mahalnya kesehatan itu. Dalam sebua hadits, Rasulullah SAW mengingatkan kepada umatnya, “Ada dua nikmat yang sering kali manusia tertipu oleh keduanya, yaitu kesehatan dan kesempatan (waktu luang) ” (H.R. Bukhari, Ahmad, Dan Turmudzi).
Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW. bersabda, “Setiap penykit itu pasti ada obatnya. Oleh karena itu , barang siapa yang tepat dalam melakukan pengobatan suatu penyakit, maka denan izin Allah SWT. dia akan sembuh.” (H.R. Muslim)
Realita dalam kehidupan sehari-hari kita belum mengenal tentang pengobatan yang sering dilakukan oleh Rasulullah, kita lebih tahu tentang pengobatan orang China, dan lainnya. padahal kita selaku umat muslim seharusnya sudah mengetahui tentang cara pengobatan yang dilakukan oleh Rasulullah SAW. Tahukah kita tentang resep obat Rasulullah? mungkin sebagian dari kita ada yang menyatakan tahu dan tidak tahu.
Jadi apa sih sebenarnya resep obat Rasulullah itu?
Resep obat Rasulullah itu adalah resep-resep pengobatan yang dibawa oleh Rasulullah SAW. untuk mengobati rupa-rupa penyakit.
Adapun bahan obat yang sering dipakai Rasulullah seperti madu, lem lebah, kurma, siwak, air susu, air kencing unta, dan air zam-zam. Teknik pengobatan yang sering digunakan adalah teknik berbekam dan juga pengobatan dengan ayat Al-Qur’an.
Disini akan dijelaskan satu persatu:
1. Khasiat Madu dan Lem Lebah
Allah SWT telah membeikan isyarat tentang madu dalam firman-Nya yang berbunyi, “Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan imudahkan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudakan bagimu. Dariperut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, didalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang yang memikirkan”. (Q.S An-Nahl:69).
Adapun dalam hadits nya yaitu:
Ibnu Abbas r.a berkata bahwa Rasulullah SAW. Bersabda, “kesembuhan dari penyakit itu dengan melakukan tiga hal, yakni berbekam, minum madu, dan dibakar dengan besi panas. Tetapi aku melarang umatku membakar dengan besi panas itu. ” (H.R Bukhari)
Manfaat Madu dan Lem Lebah (propolis)
  1. Menguatkan system imunitas tubuh.
  2. Mengobati darah tinggi dan jantung.
  3. Menghilangkan penyakit demam.
  4. Mempercantik wajah.
  5. Menghilangkan bau badan yang tak sedap.
  6. Memperlancar proses biokimia tubuh dan proses penyembuhan aneka penyakit.
  7. Mengobati berbagai penyakit pencernaan.
  8. Mengobati berbagai penyakit kulit.
  9. Mengobati sakit mulut.
  10. Mengobati radang tenggorokan.
  11. Mengobati berbagaipenyakit kewanitaan seperti radng leher rahim, radang vagina, dan juga luka nanah leher rahim.
  12. Mengobati sakit pernapasan.
  13. Mengobati penyakit mata.
  14. Mengobati penyakit kanker.mengobati penyakit diabetes.
2. Khasiat Kurma
Kurma telah diabadikan oleh Allah dalam Al-Qur’an di banyak tempat. Allah SWT berfirman, “Dan goyangkanlah pangkal kurma itu ke arahmu,niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu, maka makan, minum dan bersenng hatilah kamu. Jika kamu melihat seorang manusia, maka katakanlah, ‘Sesungguhnya aku telah bernazar berpuasa untuk Rabb Yang Maha Pemurah, maka aku tidak akan berbicara dengan seorang manusia pun pada hari ini’”. (Q. S Maryam: 25-26).
Manfaat kurma diantara lain:
  1. Mempermudah dan memperlancar persalinan
  2. Menambah nafsu makan dan kekebalan tubuh
  3. Mengobati sakit perut
  4. Mengobati penyakit-penyakit seksual
  5. Mengatasi obesitas
  6. Mengobati hati dan radang
  7. Penawar racun
  8. Menyembuhkan penyakit anemia
  9. Menyehatkan mata
3. Khasiat Siwak
Rasulullah SAW. Bersabda, “seandainya tidak memberatkan umatku niscaya akan ku perintahkan mereka untuk bersiwak setiap akan shalat (dalam riwayat lain dikatakan ‘setiap akan berwudu’)”. (H.R Bukhari dan Muslim)
Ternyata hanya sebuah kayu kecil namun siwak ini banyak manfaatnya lho,,, daintaranya:
  1. Mencegah kerusakan gigi
  2. Menyegarkan bau mulut
  3. Memperbaiki jaringan gusi
  4. Menjaga kekebalan tubuh
4. Khasiat Air Zamzam
Rasulullah SAW meminum air zam-zam, lalu beliau bersabda, “Air zam-zam itu penuh berkah.ia adalah minuman yang mengenyangkan dan obat bagi penyakit.” (H.R Bukhari Muslim)
5. Teknik Berbekam
Teknik berbekam ini pernah dilakukan oleh Rasulullah ketika Mi’raj, beliau diperintahkan oleh malaikat.
Rasulullah SAW bersabda “Tidaklah aku melewati satu malaikat dari malaikat-malaikat kecuali mereka mengatakan ‘wahai Muhammad perintahkanlah umatmu untuk berbekam’”. (H.R Ibnu Majah).
Sungguh teknik bekam ini banyak sekali khasiatnya menurut Rasulullah pun ada 72 penyakit yang dapat disembuhkan dengan teknik bekam.
Teknik bekam ini juga telah dibuktikan dalam penelitian modern, manfaatnya diantaranya
  1. Mengeluarkan darah kotor, dengan teknik berbekam,maka darah-darah kotor, baik darah yang teracuni maupun darah yang statis, akan keluar sehingga peredaran darah menjadi lancar.
  2. Meringankan tubuh, banyaknya kandungan darah kotor yang menumpuk dibawah permukaan kulit, menyebabkan tubuh seseorang tersa berat sehingga menjadi malas beraktifitas. jika dibekam, maka berat tubuh terasa lebih ringan, sehingga tidak malas dalam beraktifitas.
  3. Menajamkan penglihatan, tersumbatnya peredaran darah ke mata menyebabkan penglihatan menjadi buram. setelah dibekam, peredaran darah menjadi lancar sehingga penglihatan terasa terang.
  4. Untuk kecantikan/basmi jerawat, dengan berbekam, darah kotor yang menumpuk dibawah permukaan kulit muka akan keluar, sehingga peredaran darah dimuka menjadi lancar.

6. Pengobatan Dengan Ayat Al-Qur’an
Al-Qur’an sebagai obat penawar
Allah SWT. Telah berfirman, “Dan jikalau Kami jadikan Al-Qur’an itu suatu bacaan dalam selain bahasa Arab, tentulah ,mereka mengatakan, ‘ Mengapa tidak dijelaskan ayat-ayatnya?’ Apakah (patut Al-Qur’an) dalam bahasa asing , sedangkan (Rasul adalah orang Arab?) katakanlah, Al-qur’an itu adalah petunjuk dan penawar bagi orang yang beriman. (Q.S Fushshilat:44)
Maka dengan adanya ayat ini dapat dikatakan bahwa Rasulullah SAW menjadikan Al-Qur’an sebagai obat (As-Syifa)
sumber: Fathoni, Ben. 2010. Mukjizat Resep Obat Rasulullah SAW. Yogyakarta: Intelectual.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:
Free Blog Templates